Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah
Mencoba memulai, melangkah dengan sederhana menuju pemahaman yang integral. Belajar tak berhenti menuju rido dan ampunan ilahi.

Senin, 19 Agustus 2013

POKOK ISLAM

Pokok Islam adalah prinsip-prinsip dasar islam. Pokok islam ini sama dan setiap muslim meyakininya. Mereka yang berbeda dalam pokok-pokok Islam ini dipermasalahkan dan cenderung tidak diterima sebagai bagian dari keluarga besar kaum muslimin.

Pokok Islam ini biasa disebut dengan rukun Islam. Pokok Islam berisi tentang prinsip-prinsip pokok amal dalam Islam. Pokok amal itu disajikan berupa amal yang sudah jelas bagaimana bentuk dan cara mengerjakannya. Namun dibalik itu apa nilai-nilai dasar amal Islam yang diajarkan melalui contoh amal-amal tersebut. Nilai-nilai dasar amal Islam itu;ah yang harus diejawantahkan dan dijabarkan lebih lanjut dalam seluruh sendi amal kehidupan muslimin.

Pokok-pokok atau rukun Islam itu adalah :
  1. Syahadat
  2. Menegakkan shalat
  3. Mengeluarkan zakat
  4. Puasa ramadhan
  5. Ibadah hajji ke baitullah
Kelima hal tersebut didasarkan kepada hadits riwayat Imam Muslim sebagai berikut :

Sahabat 'Umar bin Khottob r.a. meriwayatkan bahwa suatu hari para sohabat sedang duduk bersama-sama Rosululloh s.a.w. mendadak muncullah seorang lelaki yang amat putih bajunya dan amat hitam rambutnya. Lelaki itu tidak diketahui dari mana asal. Tidak ada pula di antara para sohabat yang ada saat itu yang mengenal siapa dia. Lelaki itu duduk dan menempelkan lututnya ke lutut Rosululloh s.a.w.

Lelaki itu bertanya, "Wahai Muhammad, sampaikanlah kepadaku tentang ISLAM ?"

Rosululloh s.a.w. menjawab, "Islam adalah engkau bersyahadat bahwa sungguh tiada Tuhan selain Allah dan sungguh Muhammad adalah utusan Allah, engkau menegakkan solat, engkau membayar zakat, engkau berpuasa di bulan romadon dan engkau melaksanakan hajji ke baitulloh bila engkau mampu melakukan perjalanan ke sana.

Lelaki itu berkomentar, "Engkau benar"


.....................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar